12/10/09

UNIFLAIR's ACCESS FLOOR

ACCESS FLOOR atau juga dikenal dengan nama RAISED FLOOR dibutuhkan untuk aplikasi khususnya ruang Data Center, Server Room ataupun ruang DRC.

UNIFLAIR, Spa dengan pabrik modern nya yang berada di Italy memproduksi Raised Floor dengan kwalitas serta memiliki kekuatan yang sangat prima sehingga menjadikan Raised Floor Uniflair saat ini dipercaya oleh berbagai perusahaan internasional dan juga multi nasional serta perusahaan lokal diberbagai kebutuhan mereka.






Saat ini dipasaran dapat ditemukan 3 jenis Raised Floor, mulai dari bahan dan kwalititas serta kemampuan menahan api tinggi sampai dengan material yang tidak memiliki fire rated sama sekali.

Untuk jenis terbaik dan sangat tepat digunakan diruang Data Center / Server Room adalah Raised Floor dengan material yang terbuat dari Calcium Sulphate, dimana jenis ini mampu menahan api (fire rated) sampai dengan 60 menit.

Dibawah kelas tertinggi ini, terdapat Raised Floor dengan material Wooden Core, dimana inert material nya memang dari serbuk potongan kayu yang dicampur dengan lem khusus kemudian di-press dengan tekanan tinggi sehingga menghasilkan kekuatan yang sangat tinggi.

Untuk jenis RF dengan inert material Wooden ini, memiliki fire rated separuh dari fire rated yang dimiliki oleh RF jenis Calcium Sulphate. Akan tetapi, jenis wooden core ini jauh lebih baik dari jenis RF terakhir, yaitu Steel Cementitious.

Pada foto diatas terlihat tampak potongan ketiga jenis RF tersebut diatas. Paling atas adalah jenis RF dengan material Wooden Core, kemudian Calcium Sulphate ditengah dan paling bawah adalah Steel Cementitious.

Terlihat pada jenis terakhir tersebut adanya material metal (besi) yang saling terhubung pada bagian paling atas sampai kebagian bawah yang membentuk bulatan seperti wadah telor.
Jika terjadi kebakaran (api) pada bagian bawah RF jenis ini, maka panas akan langsung merambat kebagian atas RF dan akibat hal ini adalah kita tidak dapat menginjak lantai RF, baik dengan alas kaki (sol sepatu atau karet sandal akan langsung meleleh) dan juga tanpa alas kaki.

Hal ini tentu saja akan sangat membahayakan bagi seseorang yang kebetulan berada didalam ruangan tersebut.